Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, Butuh Perawatan Khusus? ?>

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, Butuh Perawatan Khusus?

Screenshot_14

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid jadi pilihan tidak sama di segmen Low Biaya Green Car (LCGC). Pastinya, lantaran mesin Diesel, bahan bakar yang dipakai yaitu solar. Belum lagi, ditambah tehnologi semi hybrid.

Lalu dengan mesin Diesel serta kwalitas BBM di Indonesia termasuk masihlah rendah yakni centane number 48, apakah Ertiga varian paling baru ini butuh perawatan spesial?

Menyikapi hal semacam itu, ‎Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel‎ menyebutkan kalau untuk maintenance, tidak butuh perlakuan khusus.

“Paling bila titik berat cuma di fuel filter, lantaran kan kita lihat kwalitas bahan bakar Indonesia tak rata, di setiap daerah kan lain kandungannya, ” ungkap Harold waktu didapati sekian waktu lalu.

Mobil penantang Avanza-Xenia, serta Mobilio ini dapat sudah mengusung feature anyar Idle Stop Start (ISS) sistem. Ya, feature ini serupa dipakai pada sebagian motor, baik Honda ataupun Yamaha.

Feature ini dapat bikin mesin mobil berhenti menyala waktu keadaan lampu merah atau macet. Diakui, ISS bakal menghemat BBM.

Tetapi feature ini juga tidak luput dari pertanyaan, yakni apakah memengaruhi perawatan, terutama di bagian aki.

Harold menerangkan, kalau aki yang diaplikasikan pada Suzuki Eritga Diesel Hybrid saat ini memakai aki ukuran 12V-70 Ah. Pastinya tidak sama aki biasanya yang memakai 12V 30-35 Ah. Masalah perawatan, lanjut dia, hal semacam itu tetaplah sama dengan mobil biasanya.

” Sekurang-kurangnya, rajin panasin mobil pada pagi hari. Cukup lima hingga 10 menit saja. Bila ingin ubah, tentukan yang kemampuannya sama, 70 Ah, ” papar Harold.

Harold memperkirakan, kalau aki Suzuki Ertiga Diesel Hybrid bakal tahan 1, 5-2 th. bila digunakan dengan cara berkala. Bahkan juga dijelaskan Suzuki sudah lakukan eksperimen sampai 90 ribu km tak ada permasalahan.

 

Sumber: http://otomotif.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *