Puasa Bukan Media Detoksifikasi Tubuh ?>

Puasa Bukan Media Detoksifikasi Tubuh

Banyak orang beranggapan bahwa puasa dapat membuang racun dalam tubuh kita. Padahal itu tak sepenuhnya benar, karena dengan berpuasa tidak semua racun dapat dikeluarkan. lihat ya menurunkan berat badan .

Hal ini di ungkapkan opleh ahli dan seorang ilmuwan, ia adalah Joel Fuhrman MD, seorang penulis buku “Eat to Live: The Revolutionary Plan for Fast and Sustained Weight Loss and Fasting and Eating for Health”. Beliau bersi keras menyanggah bahwa hingga saat ini tidak ditemukan bukti ilmiah bahwa puasa bisa dijadikan media untuk detoksifikasi.
Seorang ahli berkata bahwa masalah puasa bisa membersihkan racun ditubuh memang tidak memiliki dasar biologis. Karena tubuh telah melakukan proses detoksnya secara alami melalui organ hati, usus besar, ginjal, dan paru-paru serta kelenjar getah bening untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Begitu yang dikatakan Fernstrom.

Namun hal itu disanggah oleh Fuhrman yang pernah melakukan manfaat puasa pada pasiennya, bahwa puasa tidak bisa dikatakan untuk menjadi media pengobatan. Menurutnya, tubuh tidak akan dapat melakukan pembersihan racun ketika kita memakan sembarangan.

Walaupun orang Amerika juga banyak yang beranggapan bahwa puasa dapat membuat mereka sehat. Akan tetapi ternyata dari 51% orang di Amerika setiap harinya makan makanan olahan dan siap saji. Tentu makanan itu rendah anti oksidan dan fitokimia. Tentu bisa dibayangkan betapa banyak sel dan jaringan yang tertimbun limbah di dalamnya yang dapat menyebabkan aterosklerosis, diabetes, kerusakan saraf, kerusakan organ, bahkan penuaan. Jelas Fuhrman

Namun Fuhrman menganggap bahwa puasa hanya suatu solusi untuk bisa membantu mengeluarkan dan membuang produksi limbah dan kotoran dalam tubuh.

Bahkan ia kembali menjelaskan, bila kita pergi selama dua hari tanpa makan, tentu tubuh akan masuk dalam kondisi ketosis. Ketosis itu sendiri akan terjadi bila karbohidrat untuk membakar energi telah habis, sehingga energi akan di dapat dari lemak cadangan. Sedangkan kita tau, bahwa lemak adalah tempat racun bersembunyi. Jadi ketika lemak terbakar maka secara otomatis racun akan ikut luruh. Begitu jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *