Produk IT Indonesia Diklaim Terhebat Sedunia ?>

Produk IT Indonesia Diklaim Terhebat Sedunia

screenshot_16

Helsinki – Dalam ekshibisi product serta layanan tehnologi info di Eropa, baru di ketahui kalau product IT Indonesia nyatanya terhebat sedunia. Beberapa produk ini dapat berkompetisi di pasar global lantaran mempunyai keunggulan dibanding dengan product semacam dari Eropa.

Lewat info resminya, Senin (30/3/2015), ketua perwakilan Asosiasi Indonesia Global IT (Indoglobit), Latif Gau menjelaskan kalau product Indonesia semakin maju dalam kreatifitas. Satu program aplikasi umpamanya, bukan sekedar terpaku pada manfaat paling utama product itu namun dapat juga memiliki beberapa feature penambahan yang memiliki nilai plus.

Latif menerangkan kalau ia memimpin beberapa perusahaan IT Indonesia yang tergabung dalam Indoglobit pada arena Indonesia ICT Day untuk mempresentasikan product serta jasanya pada 17 perusahaan Eropa di Kantor KBRI Finlandia, Helsinki, Kamis (27/03/2015) lantas.

” Daya saing product IT Indonesia yang lain yaitu lebih adaptif untuk kustomisasi sesuai sama keperluan customer. Hal semacam itu susah dikerjakan perusahaan Eropa atau Amerika, lantaran mereka begitu rigid dengan patron yang telah ada. Diluar itu kustomisasi bakal memberi cost SDM untuk pengembangan. Lantaran SDM mereka sendiri terbatas jumlahnya, ” kata Latif yang kian lebih 20 th. menetap di Belanda.

Pasar IT Tanah Air Begitu Besar

Latif mengapresiasi peran pemerintah dalam mensupport roadshow promosi produksi serta layanan IT Indonesia kesempatan ini. Peran pemerintah begitu diperlukan untuk memperkuat positioning perusahaan IT Indonesia dalam persaingan global.

” Kita sejatinya begitu unggul di banding product serta servis IT Vietnam atau Filipina yang saat ini tengah naik daun. Dubes serta menteri mereka bahkan juga hingga datang segera ke High Tech Campus Eindhoven, pusat inovasi IT Eropa untuk mengawal perusahaan-perusahaan IT negaranya supaya dapat merajut kemitraan dengan perusahaan-perusahaan global disana, ” kata Latief.

Bila bergerak lebih aktif, sambung Latif, Indonesia sesungguhnya semakin lebih dilirik. Pasalnya, dengan masyarakat yang meraih 250 juta jiwa, market share untuk product serta layanan IT di Tanah Air begitu besar. Perusahaan global bakal tertarik bermitra dengan perusahaan IT Indonesia untuk lihat peluang usaha di ceruk pasar yang besar itu.

” Bila tersambung kemitraan dengan perusahaan global, jadi perusahaan lokal Indonesia dapat ikut serta juga dalam pengembangan produknya. Hingga kita tak terus-terusan cuma untuk customer product asing, namun juga bertindak sebagai produsen dalam pengembangan product itu, ” kata Latif.

Product IT Indonesia Disenangi Timur Tengah

Disamping itu Sujoko, Research and Development Director PT Indoguardika Cipta Kreasi (ICK), satu diantara perusahaan IT Security tehnologi anti sadap yang tergabung dalam delegasi Indonesia, mengatakan kalau satu diantara daya kompetitif product IT Indonesia dibanding dengan perusahan asing.

” Kami umpamanya, tawarkan rencana kustomisasi bahkan juga sampai level algoritma enkripsi dalam product komunikasi antisadapnya. Jadi bila, calon customer mempunyai algoritma enkripsi yang dikembangkannya sendiri, algoritma itu bisa ditanamkan dalam product keluaran ICK. Product semacam dari luar negeri umumnya malas melayani hal sejenis itu. Atau bila ingin juga umumnya bakal kenakan cost pengembangan yang besar, ” kata Sujoko.

Hal seirama disibakkan oleh delegasi Indonesia yang lain, Judhi Prasetyo Chief Technology Officer Gulfware, perusahaan pengembang tehnologi RFID (Radio Frequency Identification) yang berkantor pusat di Dubai, Uni Emirat Arab. Menurut dia, pasar Timur Tengah suka pada product IT Indonesia, satu diantaranya lantaran dapat penuhi keperluan customer dengan cara maksimal.

” Keinginan yang beberapa macam juga dapat kita layani. Pengembangan product RFID ini umpamanya, kami maksimalkan hingga memiliki beragam macam manfaat yang kami sebut RFID in life. Yaitu tehnologi RFID yang dapat diaplikasikan dalam beragam kesibukan kehidupan manusia, tak terbatas dalam identifikasi aset saja, ” kata Judhi.

 

Produk IT Indonesia Diklaim Terhebat Sedunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *