Motor Sering Kena Hujan, Awas Karatan ?>

Motor Sering Kena Hujan, Awas Karatan

screenshot_16

Musim hujan seperti sekarang ini bikin sepeda motor rawan terserang karat. Terlebih di bebrapa sisi spesifik.

Korosi atau karat berlangsung pada komponen yang terbuat dari besi. Karat karena sebab ada reaksi pada besi, oksigen, serta air yang ada di hawa, lantas lalu membuat senyawa kimia yang dimaksud oksida besi.

Menurut Mahdin, yang memiliki Ibana Jaya Oil di Depok, Jawa Barat, karat seringkali nampak dibagian velg, terlebih velg jari-jari. ” Itu yang seringkali, lantaran paling gampang berhubungan dengan air, ” katanya pada Liputan6. com.

Diluar itu, karatan dapat juga berlangsung dibagian busi. Tetapi, daya tahannya lebih kuat daripada velg. ” Bila rantai, sepanjang senantiasa dilumuri minyak, potensi karatnya minimum lantaran air tak terserang segera ke rantai, ” imbuhnya.

Sebagian komponen lain yang rawan terserang karat yaitu rangka motor, knalpot, suspensi, serta swing arm.

Lalu, apakah karat ini dapat di hilangkan? Dapat iya, dapat pula tak. Dapat di hilangkan selama karatnya tidaklah terlalu tidak tipis, serta tak dapat hilang bila memanglah karatnya telah sangat lama mengendap.

” Dibikin bersih lewat cara cairan pembasmi karat, WD40. Umumnya banyak di bengkel-bengkel, ” lebih Mahdin.

Langkahnya, pertama-tama bersihkan komponen yang berkarat dengan air bersih. Sesudah kering, jadi cairan itu disemprotkan persis di ruang karat. Barulah lalu digosok-gosok.

” Dapat gunakan kain untuk umpamanya rangka, namun bila rantai semakin bagus gunakan sikat kawat, bukanlah sikat gigi lantaran strukturnya lembut, ” tutupnya.

 

Sumber: http://otomotif.liputan6.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *