Bentuk Feses Ternyata Bisa Cerminkan Status Kesehatan ?>

Bentuk Feses Ternyata Bisa Cerminkan Status Kesehatan

Screenshot_2

Cuma sedikit saja orang yang sempat lihat tinja saat buang air besar. Bila butuh, tidaklah perlu diliat segera saja siram. Tetapi, tahukah Anda kalau feses manusia nyatanya dapat berikan panduan sehat tidaknya kita.

” Pergerakan usus kita adalah hasil dari demikian banyak sistem pada badan. Pada intinya, bila ada suatu hal yg tidak beres didalam badan, dapat tampak dari bentuk feses, ” kata Ashkan Farhadi, M. D., seseorang pakar kesehatan pencernaan di California, AS.

Tersebut disini bentuk tinja yang dapat mengisyaratkan ada masalah kesehatan, walaupun kadang-kadang bila cuma berlangsung kadang-kadang adalah hal yang normal.

1. Diare terus

Diare dapat dihadapi siapapun serta dapat suatu hal yang normal. Namun, bila berlangsung 3x dalam satu minggu sepanjang sebagian bln. paling akhir, itu adalah sinyal kalau ada suatu hal yg tidak beres. Menurut Farhadi, diare kronik dapat dikarenakan oleh makanan yang salah atau stres, atau bahkan juga tandanya suatu hal yang lebih serius seperti keadaan radang usus.

2. Kotoran berwarna merah

Kotoran mungkin saja juga akan berwarna merah saat kita konsumsi buah bit. Tetapi, bila Anda tidak konsumsi buah bit namun kotoran berwarna merah, peluang tandanya kalau ada pendarahan di saluran pencernaan bawah seperti usus besar, anus, atau rektum kata Kyle Staller, M. D., M. P. H., seseorang pakar gastroenterologi.

3. Kotoran berwarna hitam

Kotoran berwarna hitam mengisyaratkan Anda tengah alami pendarahan di saluran pencernaan kata Staller. Janganlah diabaikan. Kotoran hitam tunjukkan darah yang lebih tua, sesaat kotoran merah memberikan indikasi pendarahan lebih fresh. Kotoran hitam dapat jadi tandanya ulkus, kanker, atau divertikulitis (peradangan di saluran cerna).

4. Kotoran pucat atau berwarna tanah liat

Kotoran berwarna kuning pucat atau berwarna tanah liat adalah tandanya kalau saluran empedu terhalang, kata Staller. Empedu datang dari kantong empedu serta hati yang bermuara ke usus yang menolong badan meluruhkan lemak. Bila empedu tidak bekerja dengan baik, jadi kotoran yang dibuat juga akan berwarna sesuai sama itu.

5. Sakit di anus waktu mengejan

Staller menyebutkan, wasir atau fisura dubur adalah luka yang ada dibagian susunan anus. ” Itu begitu menyakitkan. Rasa-rasanya nyaris seperti melalui pecahan kaca waktu buang air besar, ” kata Staller. Walau telah konsumsi obat pelunak tinja, atau merendamnya dengan air hangat dapat kurangi nyerinya, namun tambah baik periksakan diri ke dokter.

6. Kotoran tampak berlainan

Anda pastinya tahu apa warna kotoran yang normal dari alur BAB Anda. Namun, bila bentuk feses mendadak beralih serta berjalan lama, perlu untuk bicara dengan dokter. Tiap-tiap perubahan besar dalam rutinitas buang air besar yg tidak dibarengi dengan perubahan diet atau penyakit perut, mesti selekasnya dibawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *