Arsitektur Stasiun Kereta Api yang Menarik Perhatian ?>

Arsitektur Stasiun Kereta Api yang Menarik Perhatian

Stasiun kereta api berfungsi sebagai tempat pemberhentian kereta api dan sebagai tempat menunggu penumpang yang akan naik maupun turun dari kereta api. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat maka arsitektur stasiun kereta api turut berkembang. Saat ini terdapat beberapa stasiun kereta api yang didesain dengan keunikan-keunikan.

baca juga: jasa arsitek jakarta yang terpercaya dan berpengalaman

Estacion de Atocha di Spanyol merupakan bangunan stasiun yang dibangun dari stasiun lama. Desain stasiun yang fantastik ini dirancang oleh Rafael Moneo. Bangunan lama diubah menjadi taman hutan eksotis seluas 4.000 m2 yang berada di dalam stasiun. Di hutan stasiun tersebut terdapat 500 spesies. Di stasiun ini juga memiliki fasilitas klub malam.

Nordpark Station di Austria memiliki arsitektur stasiun kereta api kabel yang unik dan modern. Stasiun kereta api yang berlokasi di Innsbruck dikonsep oleh Hadid Zaha. Pembuatan konstruksi pada stasiun yang unik ini menggunakan teknologi dari industri otomotif. Keunikan dari bangunan stasiun tersebut yaitu didesain serupa dengan formasi salju dan es alam.

Stasiun pusat Berlin Hauptbahnhof di Jerman memiliki arsitektur yang modern. Stasiun pusat ini memiliki dua tingkat lantai yang berisi 14 platform dan 80 toko untuk melayani 1.100 kereta api domestik serta kereta api internasional. Keunikan konstruksinya terdapat pada panel kaca untuk atapnya dengan rangka baja futuristik. Yang lebih istimewa lagi lokasi stasiun pusat Berlin berada di pinggir pantai.

Saat ini stasiun kereta api tidak hanya untuk pemberhentian dan pemberangkatan kereta api saja. Arsitektur stasiun kereta api yang unik memberi pemandangan berbeda saat berada di stasiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *